THE-DIFFERENCE-BETWEEN-BUSINESS-VISA-AND-WORKING-VISA

Berbagai Visa Indonesia untuk Warga Negara Asing

Setiap WNA yang ingin masuk ke Indonesia harus taat pada Hukum Indonesia. Hal pertama yang harus dilakukan orang asing adalah, masuk ke Indonesia secara legal dengan menggunakan jenis visa yang benar. Berdasarkan UU Keimigrasian Indonesia No 6/2011, terdapat empat jenis visa yang bisa digunakan WNA untuk melakukan aktivitasnya di Indonesia.

Menurut Pasal 34 Undang-Undang Keimigrasian, keempat jenis tersebut adalah (a) visa diplomatik; (b) visa dinas; (c) visa kunjungan; (d) visa tinggal terbatas. Variasi visa terkait dengan tujuan WNA tersebut untuk datang ke Indonesia. 

Terkait visa diplomatik dan visa dinas tidak ada perubahan peruntukan dalam Undang-Undang No. 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Sedangkan, terkait visa kunjungan dan visa tinggal terbatas, terdapat perubahan peruntukan dalam Undang-Undang No. 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Pertama,visa diplomatik diberikan kepada WNA yang memegang paspor diplomatik atau paspor lainnya untuk masuk ke wilayah Indonesia karena melakukan tugas diplomatik.

Kedua,visa dinas diberikan kepada WNA yang memegang paspor dinas dan Paspor lain yang akan melakukan perjalanan ke Wilayah Indonesia dalam rangka melaksanakan tugas resmi yang tidak bersifat diplomatik dari pemerintah asing atau organisasi internasional.

Ketiga, Visa kunjungan diberikan kepada Orang Asing yang akan melakukan perjalanan ke Wilayah Indonesia dengan tujuan kunjungan tugas pemerintahan, pendidikan, sosial budaya, pariwisata, prainvestasi, bisnis, keluarga, jurnalistik, atau singgah untuk meneruskan perjalanan ke negara lain.

Keempat, visa tinggal terbatas diberikan kepada orang asing yang melakukan beberapa kegiatan di bawah ini:

  1. Rohaniawan, tenaga ahli, pekerja, peneliti, pelajar, investor, rumah kedua, dan keluarganya, serta Orang Asing yang kawin secara sah dengan warga negara Indonesia, yang akan melakukan perjalanan ke Wilayah Indonesia untuk bertempat tinggal dalam jangka waktu yang terbatas; atau 
  2. orang asing yang bekerja di atas kapal, alat apung, atau instalasi yang beroperasi di wilayah perairan nusantara, laut teritorial, landas kontinen, danf atau Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia.

Visa tinggal terbatas untuk rumah kedua itu adalah visa tinggal terbatas yang diberikan kepada Orang Asing beserta keluarganya untuk tinggal menetap di Indonesia selama 5 (lima) tahun atau 10 (sepuluh) tahun setelah memenuhi persyaratan tertentu.

Leave a Comment