Prosedur Penerbitan E-Visa

Prosedur Penerbitan E-Visa
Sakina Fakhriah

Visa merupakan suatu dokumen yang menjadi alat bukti diijinkannya seseorang untuk memasuki suatu negara. Berbeda dengan paspor yang dikeluarkan oleh negara asal pemohon, visa dikeluarkan oleh negara tujuan yang akan didatangi oleh pemohon. Visa berfungsi sebagai izin untuk melakukan perjalanan ke negara yang mengeluarkan visa.

Kepemilikan Visa wajib bagi WNA untuk masuk dan/atau tinggal di Indonesia untuk melakukan kegiatan bekerja sebagai tenaga ahli, mengikuti pendidikan, investasi, bergabung dengan keluarga, dan lain sebagainya. Penerbitan Visa dari pemerintah suatu negara sebagai bentuk fasilitas dan kemudahan diberikan kepada orang asing untuk masuk dan tinggal di Indonesia.

Selama masa pandemi Covid-19, pengambilan visa Republik Indonesia di luar negeri yang akan digunakan sebagai izin masuk orang asing ke Indonesia hanya mengakomodir orang asing yang akan bekerja di proyek strategis nasional, orang asing yang akan melakukan investasi, tenaga kerja asing yang bekerja di sektor formil namun bukan merupakan proyek strategis nasional dan serta orang asing sebagai tenaga medis dan tenaga bantuan dan alasan kemanusiaan. 

Selama ini, warga negara Asing (WNA) yang ingin berkunjung atau masuk ke Indonesia hanya memiliki visa biasa. Namun, sekarang Indonesia sudah menerbitkan visa elektronik (e-Visa). Visa biasa tentu harus diajukan dengan cara datang langsung ke kantor kedutaan besar/konsulat jenderal negara yang bersangkutan, sedangkan e-Visa hanya diajukan melalui situs web kedutaan besar/konsulat jenderalnya saja atau situs web yang ditunjuk. Sehingga, WNA tidak perlu repot melakukan pengurusan atau klaim visa di KBRI lagi. Tentunya, hal ini sangat mempermudah dan memangkas prosedur untuk mendapatkan persetujuan masuk ke Indonesia bagi WNA.

Mulai tanggal 13 Oktober 2020, Subdit Visa Direktorat Lantaskim akan melakukan uji coba e-Visa selama 5 hari kerja hingga tanggal 19 Oktober 2020 dengan metode pembayaran di depan (setelah pemohon mengajukan permohonan maka aplikasi akan merespon dengan mengirimkan nomor permohonan dan kode pembayaran). Kode pembayaran akan diberikan masa aktif selama 7 (tujuh) hari kerja, jika dalam waktu tersebut tidak ada transaksi maka kode pembayaran tersebut tidak dapat dipergunakan dan aplikasi secara otomatis akan menolak permohonan secara otomatis.

 

Jenis/Indeks Visa yang dapat mengajukan E-Visa

 

  1. Indeks B211A – Visa Kunjungan Satu Kali Perjalanan (Single Entry), merupakan visa yang diberikan untuk orang asing untuk masuk dan tinggal di Indonesia dalam rangka wisata, keluarga, sosial, seni budaya, tugas pemerintahan, olahraga yang tidak bersifat komersial, studi banding, kursus singkat atau pelatihan singkat, pembicaraan bisnis, pembelian barang, ceramah atau seminar, pameran internasional, dan rapat yang diadakan kantor pusat atau perwakilan di Indonesia. Visa ini hanya berlaku izin tinggal paling lama 60 hari dan dapat diperpanjang 4 (empat) kali, setiap kali perpanjangan diberikan izin tinggal paling lama 30 (tiga puluh) hari.
  2. Indeks B211B – Visa Kunjungan Satu Kali Perjalanan dan Kunjungan Industri, merupakan visa yang diberikan untuk orang asing untuk masuk dan tinggal di Indonesia dalam rangka wisata, keluarga, sosial, seni budaya, tugas pemerintahan, olahraga yang tidak bersifat komersial, studi banding, kursus singkat atau pelatihan singkat, pembicaraan bisnis, pembelian barang, ceramah atau seminar, pameran internasional, rapat yang diadakan kantor pusat atau perwakilan di Indonesia, kunjungan industri dan kunjungan Jurnalistik, pembuatan film dokumenter, memberikan bimbingan, penyuluhan dan pelatihan dalam penerapan dan inovasi teknologi industri untuk meningkatkan mutu dan desain produk industri serta kerja sama pemasaran luar negeri,  melakukan audit, kendali mutu produksi atau inspeksi pada cabang perusahaan di Indonesia, dan calon TKA dalam uji coba.
  3. Indeks C312 – Tenaga Ahli, merupakan Visa Izin Tinggal Terbatas (VITAS) yang diberikan kepada WNA yang bermaksud bertempat tinggal dalam jangka waktu yang terbatas untuk kegiatan profesi karena telah dipekerjakan oleh Pemberi Kerja untuk melakukan pekerjaan di wilayah Indonesia.
  4. Indeks C313 – Vitas untuk Investor dengan lama tinggal 1 (satu) Tahun, merupakan VITAS yang diberikan kepada WNA untuk melakukan kegiatan Penanam Modal Asing. Pemegang VITAS ini tidak diperbolehkan untuk melakukan pekerjaan.
  5. Indeks C314 – Vitas untuk Investor dengan lama tinggal 2 (dua) Tahun, merupakan VITAS yang diberikan kepada WNA untuk melakukan kegiatan Penanam Modal Asing. Pemegang VITAS ini tidak diperbolehkan untuk melakukan pekerjaan.
  6. Indeks C317 – Visa Penyatuan Keluarga, merupakan visa yang diberikan kepada WNA untuk menyatukan diri kepada keluarga, baik suami/istri ataupun anak. Pemegang visa ini tidak diperbolehkan untuk melakukan pekerjaan.
  7. Indeks C-319 – Wisatawan Lansia Mancanegara, merupakan visa yang diberikan kepada WNA lanjut usia yang ingin pensiun di Indonesia. Pemegang visa ini tidak diperbolehkan untuk melakukan pekerjaan.

Dokumen Persyaratan Pengajuan Permohonan E-Visa

  1. Indeks B211A (Visa Kunjungan Satu Kali Perjalanan) dan Indeks B211B (Visa Kunjungan Industri). Dokumen yang dibutuhkan di antara lain:
    1. Paspor yang sah dan masih berlaku paling singkat 6 (enam) bulan;
    2. Surat penjaminan dari Penjamin kecuali untuk kunjungan dalam rangka pariwisata;
    3. Penjamin wajib melampirkan bukti ketersediaan dana, sebagai berikut:
      1. Paling sedikit US$10.000 (sepuluh ribu Dollar Amerika) atau setara dari lembaga keuangan atau bank di Indonesia untuk maksud dan tujuan, antara lain:
        1. melakukan pekerjaan darurat dan mendesak;
        2. melakukan pembicaraan bisnis;
        3. melakukan pembelian barang;
        4. uji coba keahlian bagi calon tenaga kerja asing;
      2. Paling sedikit US$1500 (seribu lima ratus dollar Amerika), atau setara dari lembaga keuangan atau bank di Indonesia untuk maksud dan tujuan, antara lain:
        1. untuk tenaga bantuan medis dan pangan, dan
        2. bergabung dengan alat angkut yang berada di wilayah indonesia,
    4. Tiket kembali atau tiket terusan untuk melanjutkan perjalanan ke negara lain kecuali bagi awak alat angkut yang akan singgah untuk bergabung dengan kapalnya dan  melanjutkan perjalanan ke negara lain; dan
    5. Bagi Orang Asing yang akan melakukan kegiatan jurnalistik dan/atau pembuatan film, selain harus melampirkan persyaratan sebagaimana dimaksud juga harus melampirkan surat rekomendasi dari instansi terkait.
  2. Indeks C312 (VITAS). Dokumen yang dibutuhkan di antara lain:
    1. Surat penjaminan dari Penjamin;
    2. fotokopi Paspor Kebangsaan yang sah dan masih berlaku:
      1. paling singkat 12 (dua belas) bulan bagi yang akan melakukan pekerjaan di Wilayah Indonesia untuk waktu paling lama 6 (enam) bulan;
      2. paling singkat 18 (delapan belas) bulan bagi yang akan melakukan pekerjaan atau tinggal di Wilayah Indonesia untuk waktu paling lama 1  (satu) tahun; atau
    3. bukti memiliki biaya hidup bagi dirinya dan/atau keluarganya selama berada di Wilayah Indonesia paling sedikit US$1500 (seribu lima ratus dollar Amerika); dan
    4. surat rekomendasi dari instansi berwenang yang membidangi Ketenagakerjaan.
  3. Indeks C313 – Vitas untuk Investor dengan lama tinggal 1 (satu) Tahun. Dokumen yang dibutuhkan di antara lain:
    1. Surat penjaminan dari Penjamin; fotokopi Paspor Kebangsaan yang sah dan masih berlaku:
      1. paling singkat 12 (dua belas) bulan bagi yang akan melakukan pekerjaan di Wilayah Indonesia untuk waktu paling lama 6 (enam) bulan;
      2. paling singkat 18 (delapan belas) bulan bagi yang akan melakukan pekerjaan atau tinggal di Wilayah Indonesia untuk waktu paling lama 1 (satu) tahun; atau
      3. paling singkat 30 (tiga puluh) bulan bagi yang akan melakukan pekerjaan atau tinggal di Wilayah Indonesia untuk waktu paling lama 2 (dua)  tahun.
    2. bukti memiliki biaya hidup bagi dirinya dan/atau keluarganya selama berada di Wilayah Indonesia paling sedikit US$1500 (seribu lima ratus dollar Amerika); dan
    3. surat rekomendasi dari instansi berwenang di bidang penanaman modal.
  4. Indeks C314 – Vitas untuk Investor dengan lama tinggal 2 (dua) Tahun. Dokumen yang dibutuhkan di antara lain:
    1. surat penjaminan dari Penjamin; fotokopi Paspor Kebangsaan yang sah dan masih berlaku:
      1. paling singkat 12 (dua belas) bulan bagi yang akan melakukan pekerjaan di Wilayah Indonesia untuk waktu paling lama 6 (enam) bulan;
      2. paling singkat 18 (delapan belas) bulan bagi yang akan melakukan pekerjaan atau tinggal di Wilayah Indonesia untuk waktu paling lama 1 (satu) tahun; atau
      3. paling singkat 30 (tiga puluh) bulan bagi yang akan melakukan pekerjaan atau tinggal di Wilayah Indonesia untuk waktu paling lama 2 (dua)  tahun.
    2. bukti memiliki biaya hidup bagi dirinya dan/atau keluarganya selama berada di Wilayah Indonesia paling sedikit US$1500 (seribu lima ratus dollar Amerika); dan
    3. surat rekomendasi dari instansi berwenang di bidang penanaman modal.
  5. Indeks C317 – Penyatuan Keluarga indeks C317. Dokumen yang dibutuhkan di antara lain:
    1. Untuk WNA yang menggabungkan diri dengan suami atau istri WNI, dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut:
      1. surat permohonan dari suami atau istri warga negara Indonesia;
      2. fotokopi Paspor Kebangsaan yang sah dan masih berlaku paling singkat 18 (delapan belas) bulan;
      3. fotokopi akta perkawinan atau buku nikah;
      4. surat tanda bukti pelaporan perkawinan dari kedutaan besar dari orang asing dan fotokopi akta perkawinan atau buku nikah yang telah  diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah, kecuali bahasa Inggris; dan
      5. bukti memiliki biaya hidup bagi dirinya dan/atau keluarganya selama berada di Wilayah Indonesia paling sedikit US$1500 (seribu lima ratus  dollar Amerika).
    2. Untuk WNA yang menggabungkan diri dengan suami atau istri pemegang Izin Tinggal terbatas atau Izin Tinggal Tetap, dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut:
      1. surat penjaminan dari Penjamin;
      2. fotokopi Paspor Kebangsaan yang sah dan masih berlaku paling singkat 18 (delapan belas) bulan bagi Orang Asing yang mengikuti suami atau istri pemegang Izin Tinggal terbatas atau Izin Tinggal tetap untuk waktu kurang dari 1 (satu) tahun;
      3. fotokopi akta perkawinan atau buku nikah yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah, kecuali bahasa Inggris;
      4. fotokopi Izin Tinggal terbatas atau Izin Tinggal tetap atau Surat Persetujuan Visa tinggal terbatas suami atau isteri yang sah dan masih berlaku;
      5. bukti memiliki biaya hidup bagi dirinya dan/atau keluarganya selama berada di Wilayah Indonesia paling sedikit US$1500 (seribu lima ratus dollar  Amerika).
    3. Untuk anak hasil perkawinan yang sah antara Orang Asing dengan warga negara Indonesia, dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut:
      1. surat penjaminan dari Penjamin;
      2. surat permohonan dari ayah atau ibu warga negara Indonesia;
      3. fotokopi Paspor Kebangsaan yang sah dan masih berlaku paling singkat 18 (delapan belas) bulan;
      4. fotokopi akta kelahiran yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah, kecuali bahasa Inggris;
      5. fotokopi akta perkawinan atau buku nikah orang tua yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah, kecuali bahasa  Inggris;
      6. fotokopi kartu tanda penduduk ayah atau ibu warga negara Indonesia yang masih berlaku;
      7. fotokopi kartu keluarga ayah atau ibu warga negara Indonesia;
      8. surat tanda bukti pelaporan perkawinan orang tua, bagi yang melakukan perkawinan di luar Wilayah Indonesia; dan
      9. memiliki biaya hidup bagi dirinya dan/atau keluarganya selama berada di Wilayah Indonesia paling sedikit US$1500 (seribu lima ratus dollar Amerika).
    4. Untuk anak yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun dan belum kawin dari Orang Asing yang kawin secara sah dengan WNI, dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut:
      1. surat penjaminan dari Penjamin;
      2. surat permohonan dari ayah atau ibu warga negara Indonesia;
      3. fotokopi Paspor Kebangsaan yang sah dan masih berlaku paling singkat 18 (delapan belas) bulan;
      4. fotokopi akta kelahiran yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah, kecuali bahasa Inggris;
      5. fotokopi akta perkawinan atau buku nikah orang tua yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah, kecuali bahasa Inggris;
      6. fotokopi kartu tanda penduduk ayah atau ibu warga negara Indonesia yang masih berlaku;
      7. fotokopi kartu keluarga ayah atau ibu warga negara Indonesia;
      8. surat tanda bukti pelaporan perkawinan orang tua, bagi yang melakukan perkawinan di luar Wilayah Indonesia; dan
      9. bukti memiliki biaya hidup bagi dirinya dan/atau keluarganya selama berada di Wilayah Indonesia paling sedikit US$1500 (seribu lima ratus dollar Amerika).
    5. Untuk anak yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun dan belum kawin yang menggabungkan diri dengan orang tua pemegang ITAS/ITAP, dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut:
      1. surat penjaminan dari Penjamin;
      2. fotokopi Paspor Kebangsaan yang sah dan masih berlaku:
        1. paling singkat 30 (tiga puluh) bulan bagi anak asing yang mengikuti orang tua pemegang Izin Tinggal terbatas atau Izin Tinggal tetap dengan waktu masa  berlakunya lebih dari 1 (satu) tahun; atau
        2. paling singkat 18 (delapan belas) bulan bagi anak asing yang mengikuti orang tua pemegang Izin Tinggal Terbatas atau Izin Tinggal Tetap dengan waktu masa berlakunya kurang dari 1 (satu) tahun.
      3. fotokopi akta kelahiran yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah,  kecuali bahasa Inggris;
      4. fotokopi akta perkawinan atau buku nikah orang tua yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia  oleh penerjemah tersumpah, kecuali bahasa Inggris;
      5. fotokopi kartu Izin Tinggal terbatas atau kartu Izin Tinggal tetap orang tua yang masih berlaku; dan
      6. bukti memiliki biaya hidup bagi dirinya dan/atau keluarganya selama berada di Wilayah Indonesia paling sedikit US$1500 (seribu lima ratus dollar Amerika).
  6. Wisatawan Lansia Mancanegara indeks C319. Dokumen yang dibutuhkan di antara lain:
    1. surat penjaminan dari Penjamin yang merupakan Biro Wisata;
    2. fotokopi Paspor Kebangsaan yang sah dan masih berlaku paling singkat 18 (delapan belas) bulan;
    3. surat izin usaha perusahaan dan nomor pokok wajib pajak biro perjalanan wisata;
    4. daftar riwayat hidup, riwayat pekerjaan dan pendidikan Orang Asing bersangkutan;
    5. bukti dari lembaga dana pensiun atau bank dari negara asal atau di Indonesia yang membuktikan tersedianya dana paling sedikit US$1500 (seribu lima ratus dollar Amerika) per bulan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama di Indonesia;
    6. asuransi kesehatan, kematian, dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga di bidang perdata baik di negara asalnya atau di Indonesia;
    7. bukti tinggal di sarana akomodasi yang tersedia di Indonesia berdasarkan pembelian sarana akomodasi paling sedikit US$35.000 (tiga puluh lima ribu dollar Amerika) atau sewa  per bulan paling sedikit:
      1. US$500 (lima ratus dollar Amerika) untuk daerah Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Bandung dan Bali;
      2. US$300 (tiga ratus dollar Amerika) untuk daerah lainnya di pulau Jawa, Batam, dan Medan; atau
      3. US$200 (dua ratus dollar Amerika) selain daerah sebagaimana dimaksud pada angka 1 dan angka 2; dan 
    8. pernyataan akan mempekerjakan paling sedikit 2 (dua) orang warga negara Indonesia.

Baca Juga : Panduan Pembuatan &Perpanjangan Izin Tinggal Terbatas (ITAS)

Dalam rangka pencegahan dan penanganan penyebaran virus Covid-19, melalui Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Visa dan dan Izin Tinggal Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru, ditentukan bahwa pengajuan permohonan Visa secara online wajib melampirkan beberapa dokumen tambahan antara lain:

  1. Surat keterangan sehat (health certificate) berisi keterangan bebas dari COVID-19 dalam Bahasa Inggris yang dikeluarkan oleh lembaga yang diberikan kewenangan oleh pemerintah di negara masing-masing;
  2. Surat pernyataan dalam Bahasa Inggris yang menyatakan bersedia masuk karantina dan/atau perawatan dengan biaya sendiri di fasilitas karantina atau fasilitas pelayanan kesehatan yang ditetapkan pemerintah apabila pemeriksaan PCR oleh otoritas kesehatan Indonesia di pintu masuk negara memberikan hasil positif (+), atau terdapat gejala klinis COVID-19 sesuai protokol kesehatan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  3. Surat pernyataan bersedia dilakukan pemantauan kesehatan selama masa karantina atau isolasi secara mandiri sesuai dengan protokol kesehatan dan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan
  4. Bukti kepemilikan asuransi kesehatan/asuransi perjalanan yang mencakup pembiayaan kesehatan, dan/atau surat pernyataan bersedia membayar secara mandiri apabila terdampak COVID-19 selama di Indonesia.

Prosedur Pengajuan Permohonan

Bagi WNA yang ingin mengajukan permohonan e-Visa, tata cara yang dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Kunjungi website https://visa-online.imigrasi.go.id/
  2. Klik “Pengajuan Visa” di bagian kanan atas.
  3. Input data dan unggah persyaratan data diri (perorangan/korporasi)
  4. Tunggu notifikasi berisi nama pengguna dan kata sandi
  5. Pilih menu “Buat Permohonan”
  6. Penjamin diberikan pilihan oleh aplikasi bahwa jenis maksud &  akan disesuaikan dengan keberadaan orang asing, antara lain:
    1. Di luar wilayah Indonesia: orang asing saat ini berada di luar wilayah Indonesia; atau
    2. Di wilayah Indonesia: orang asing saat ini berada di dalam dalam wilayah Indonesia.
  7. Pilih jenis visa yang akan diajukan, input data, dan unggah dokumen persyaratan.
  8. Pilih jenis pembayaran, sebagai berikut:
    1. Simponi: Pembayaran dilakukan melalui channel pembayaran bank persepsi Simponi.
    2. Bebas bea: Orang asing wajib melampirkan Surat Persetujuan Menteri Hukum dan HAM tentang Pengenaan Tarif Nol Rupiah dalam dokumen persyaratan.
  9. Lakukan pembayaran PNBP
  10. Pastikan pemilihan jenis layanan dan maksud tujuan telah sesuai,  jika permohonan telah dikirim dan hasil verifikasi menyatakan  salah, maka permohonan akan ditolak dan biaya (persetujuan visa  dan visa) yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
  11. Jika disetujui, notifikasi dikirimkan melalui email.

 

 Demikian informasi yang kami berikan. Terima kasih.

Leave a Comment