Prosedur Baru Mendatangkan TKA Era New Normal di Indonesia

Prosedur Baru Mendatangkan TKA Era New Normal di Indonesia

Berdasarkan keterangan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), Covid-19 diprediksi berpotensi dalam jangka waktu yang lama berada di tengah masyarakat dan tidak akan menghilang dengan cepat. Oleh karena itu, Indonesia juga telah menyatakan berdamai dengan Covid-19. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengajak Rakyat Indonesia untuk hidup berdampingan dengan Covid-19. Dan saat ini, sudah dapat melakukan aktivitas normal baru (new normal) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kementrian Ketenagakerjaan dan Direktorat Jenderal Imigrasi sempat menghentikan pelayanan Pengurusan Izin Tenaga Kerja Asing pada tengah Maret 2020 lalu. Dengan diberlakukannya Era New Normal saat ini, Perusahaan dan Tenaga Kerja Asing sudah tidak perlu khawatir mengenai Izin Kerja dan Izin Tinggal Tenaga Kerja Asing. Karena Pemerintah Indonesia telah memberikan prosedur baru untuk dapat melakukan pengurusan Izin Tenaga Kerja Asing.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kementrian Ketenagakerjaan, dan Direktorat Jenderal Imigrasi telah menandatangani Kesepakatan Rapat Koordinasi Dukungan Penggunaan Tenaga Kerja Asing pada 28 Mei 2020 lalu. Tidak banyak perbedaan dengan Prosedur sebelumnya, di Era New Normal ini, diperlukan persetujuan Badan Koordinasi Penanaman Modal untuk mendapatkan Surat Pengantar.

Oleh karena itu, berikut tata cara untuk pengurusan Izin Tenaga Kerja Asing di Era New Normal :

  1. Surat Pengantar BKPM
    Perusahaan atau Kuasa mengajukan Permohonan melalui BKPM untuk mendapatkan Surat Pengantar.
  2. RPTKA
    Setelah memperoleh persetujuan Surat Pengantar, selanjutnya melakukan pengurusan RPTKA melalui Kementrian Ketenagakerjaan.
  3. Notifkasi dan Pembayaran DPKK
    RPTKA disetujui, kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran Notifikasi. Pembayaran DPKK dilakukan setelah Notifikasi disetujui oleh Kementrian Ketenagakerjaan.
  4. Persetujuan Visa dan Izin Tinggal
    Apabila telah melakukan pembayaran DPKK, maka sistem akan melanjutkan untuk memproses Persetujuan Visa Tenaga Kerja Asing tersebut. Setelah terbit, maka Tenaga Kerja Asing diperkenankan untuk mengambil Visa di Kedutaan Besar Republik Indonesia yang telah ditunjukk sebelumnya. Kemudian, jika telah mendapatkan Visa, Tenaga Kerja Asing dapat masuk ke Indonesia dan memproses Izin Tinggalnya di Bandara kedatangan.

Jika Anda membutuhkan asistensi untuk mengurus Izin Tenaga Kerja Asing silahkan hubungi kami di info@elson.co.id atau 081932741333.