PERSYARATAN MINIMUM MODAL PENDIRIAN PT PMA

PERSYARATAN MINIMUM MODAL PENDIRIAN PT PMA

Saat ini Indonesia merupakan negara yang menjadi target investasi bagi pelaku-pelaku usaha asing, lho. Hal ini diakibatkan salah satunya adalah besarnya populasi di Indonesia yang menjadikan Indonesia sendiri menjadi pasar bagi pelaku atau investor asing.

Sering menjadi pertanyaan bagi Investor Asing, kira-kira berapa sih minimum modal yang harus ada saat pendirian PT PMA? Tentunya, sebagai Pelaku investor asing yang hendak melakukan kegiatan usaha di Indonesia atau menanamkan modalnya di Indonesia wajib memenuhi ketentuan yang diatur oleh hukum Indonesia, ya. Persyaratan modal minimum pendirian PT PMA saat ini diatur dalam Peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (“PBKPM 1/2020”).

Berdasarkan Pasal 6 ayat (2) PBPKM 1/2020, pelaku usaha asing yang hendak menanamkan modal di Indonesia wajib mematuhi ketentuan sebagai berikut: 

  • total nilai investasi lebih besar dari  Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar Rupiah), diluar tanah dan bangunan per bidang usaha klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia 5 (lima) digit per lokasi proyek;
  • nilai modal ditempatkan sama dengan modal disetor, paling sedikit Rp2.500.000.000,00 (dua miliar lima ratus juta Rupiah);
  • persentase kepemilikan saham dihitung berdasarkan nilai nominal saham.

Kemudian, juga terdapat beberapa ketentuan khusus yang perlu dicatat terkait total nilai investasi pada kegiatan usaha tertentu, yaitu:

  • untuk kegiatan usaha perdagangan besar, lebih besar dari Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar Rupiah) di luar tanah dan bangunan, adalah per 2 (dua) digit awal klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia;
  • untuk kegiatan usaha jasa makanan dan minuman sepanjang terbuka untuk PMA, lebih besar dari Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar Rupiah) di luar tanah dan bangunan dalam satu kabupaten/kota;
  • untuk kegiatan usaha konstruksi sepanjang terbuka untuk PMA, lebih besar dari Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar Rupiah) di luar tanah dan bangunan dalam satu kegiatan.

Perlu menjadi catatan juga nih, bagi pelaku usaha dilarang membuat perjanjian dan/atau pernyataan yang menegaskan bahwa kepemilikan saham dalam perseroan terbatas untuk dan atas nama orang lain.

Jadi, bagi Anda yang akan mendirikan Perusahaan dengan Modal Asing di Indonesia, persiapkan modal minimum Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar Rupiah) dan menempatkan modal disetor minimum Rp2.500.000.000,00 (dua miliar lima ratus juta Rupiah), ya!

Jika Anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di info@elson.co.id