Ini 18 Jabatan Yang Dilarang Bagi Warga Negara Asing

Ini 18 Jabatan Yang Dilarang Bagi Warga Negara Asing

“Tidak semua jabatan di perusahaan dapat diduduki oleh WNA terdapat beberapa pengecualian jabatan sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.”

Warga Negara Asing (WNA) merupakan seseorang yang menetap di sebuah negara namun bukan dan/atau tidak terdaftar secara resmi sebagai warga negara tersebut dengan tujuan tertentu seperti pendidikan, bisnis, liburan dan sebagainya. Di Indonesia WNA yang menetap untuk tujuan bekerja dapat disebut pula dengan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang memiliki visa untuk bekerja di Indonesia.

Tidak semua TKA dapat menduduki jabatan dalam perusahaan terdapat beberapa pengecualian jabatan yang dilarang untuk diduduki langsung oleh TKA. Larangan Jabatan telah diatur dalam Pasal 46 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Serta dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 349 Tahun 2019 Tentang Jabatan Tertentu Yang Dilarang Diduduki Oleh Tenaga Kerja Asing. Jabatan yang dilarang tersebut antara lain:

  1. Direktur Personalia
  2. Manajer Hubungan Industrial
  3. Manajer Personalia
  4. Supervisor Pengembangan Personalia
  5. Supervisor Perekrutan Personalia
  6. Supervisor Penempatan Personalia
  7. Supervisor Pembinaan Karir Pegawai
  8. Penata Usaha Personalia
  9. Ahli Pengembangan Personalia dan Karir
  10. Spesialis Personalia
  11. Penasehat Karir
  12. Penasehat Tenaga Kerja
  13. Pembimbing dan Konseling Jabatan
  14. Perantara Tenaga Kerja
  15. Pengadministrasi Pelatihan Pegawai
  16. Pewawancara Pegawai
  17. Analisis Jabatan
  18. Penyelenggara Keselamatan Kerja Pegawai

Setiap TKA yang akan bekerja di wilayah Indonesia diharuskan memiliki visa bekerja dan izin tinggal selama dua tahun dan dapat dilakukan perpanjangan yang telah disetujui oleh instansi terkait. Perusahaan juga diharuskan untuk mengurus administrasi perizinan berupa Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) yang disetujui oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Jika Anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut mengenai pengurusan izin kerja WNA, silahkan hubungi kami di info@elson.co.id.