+62-819-3274-1333 info@elson.co.id

”Pengusaha  mempunyai kewajiban untuk melaporkan ketenagakerjaannya paling lama 30 (tigapuluh) hari setelah mendirikan, menjalankan kembali atau memindahkan Perusahaanya dan harus diperbaharui setiap tahunnya.”

Menurut UU Nomor 7 tahun 1981 tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan mewajibkan  setiap pengusaha atau pengurus melaporkan secara tertulis setiap mendirikan, menghentikan, menjalankan kembali, memindahkan atau membubarkan perusahaan kepada Menteri atau Pejabat yang berwenang.

Menurut pasal 1 huruf ( b ) UU No.7/1981 , yang dimaksud sebagai pengusaha adalah:

  1. Orang, Persekutuan atau Badan Hukum yang menjalankan sesuatu Perusahaan milik sandiri;
  2. Orang, atau Persekutuan atau Badan Hukum yang berdiri sendiri menjalankan Perusahaan yang bukan miliknya;
  3. Orang, Persekutuan atau Badan Hukum yang berada di Indonesia mewakili peuusahaan sebagaimana dimaksud pada angka 1 dan angka 2 di atas

Pengusaha atau Pengurus wajib melaporkan ke Suku Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi masing-masing sesuai dengan tempat berdirinya Perusahaan selambat lambatnya dalam waktu 30 ( tigapuluh ) hari setelah mendirikan, menjalankan kembali atau memindahkan Perusahaannya dan harus diperbaharui setiap tahunnya.

Pengusaha wajib membuat laporan kondisi Ketenagakerjaan pada perusahaan mereka yang sebenar-benarnya, baik itu untuk kantor Pusat maupun cabang apabila ada.

Laporan Wajib Lapor Ketenagakerjaan memuat Nama perusahaan, Alamat Perusahaan, Nama dan alamat pengurus Perusahaan, tanggal berdiri perusahaan, data pekerja dan fasilitas perusahaan, jaminan keselamatan pekerja dan kesejahteraan pekerja.

Perusahaan wajib melaporkan atau memperbaharui Wajib Lapor Ketenagakerjaan setiap tahunnya secara tertulis mengenai fasilitas Perusahaan jaminan sosial dan perlindungan pekerja, penambahan pekerja atau pengurangan Pekerja, hubungan tenaga kerja.

Sanksi bagi Pengusaha atau Pengurus apabila tidak mendaftarkan Wajib Lapor Ketenagakerjaan adalah ancaman Pidana kurungan selama-lamanya 3 ( tiga ) Bulan atau Denda setinggi-tingginya Rp 1.000.000,- ( satu juta rupiah ).

Bagaimana ELSON membantu Anda?

ELSON merupakan perusahaan yang fokus memberikan pelayanan jasa hukum yang komprehensif bagi Warga Negara Asing (WNA) maupun pasangan perkawinan campuran di Indonesia.

Silakan hubungi kami di nomor telepon dan email berikut 0819 3274 1333 dan info@elson.co.id

Author : Wahyu Akbar Prasetya